Pilih Mana BPJS Atau Asuransi Kesehatan Swasta Ketahui Perbedaanya

Perbedaan antara BPJS dengan asuransi kesehatan swasta memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah asuransi kesehatan. Untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan, di Indonesia dilakukan dua cara yang bisa dijadikan alternative untuk bisa mendapatkan fasilitas ini, yakni:

  • Melalui badan penjamin sosial milik Negara
  • Melalui perusahaan asuransi swasta

Tidak jarang bahwa masyarakat saat ini masih merasa kebingungan mengenai perbedaan dari keduanya, apalagi jika mereka diharuskan untuk memilih salah satu yang terbaik.

Jika anda belum mengetahui sama sekali mengenai system keduanya maka akan sangat sulit untuk membedakan asuransi mana yang terbaik untuk anda. Untuk itulah perlu adanya pengetahuan terlebih dahulu mengenai keduanya.

Jika kita membicarakan mengenai baik buruknya asuransi kesehatan, maka hal itu ditentukan oleh masing masing orang dalam menilanya. Semuanya relative, tergantung mereka lebih nyaman menggunakan asuransi yang mana.

Terlepas dari itu semua, kebingungan mengenai cara mendapatkan asuransi kesehatan tersebut ternyata masih menjadi problem utama di dalam masyarakat.

Sebelum memutuskan untuk mendapatkan asuransi yang anda inginkan, alangkah baiknya anda mengetahui dengan jelas mengani kelebihan dan kekurangan dari asuransi tersebut supaya apa yang anda harapkan bisa benar benar terwujud.

Berikut ini kami berikan gambaran yang lebih detail mengenai BPJS dan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta.

Sejarah dan Latar Belakang Lahirnya BPJS Kesehatan

Berbicara mengenai sepak terjang dari asuransi kesehatan yang ada di Indonesia bahwa asuransi tersebut mencapai puncaknya setelah tahun 2014, di mana pada waktu itu terjadi perombakan besar mengenai perpindahan nama perusahaan dari PT.

Askes menjadi BPJS Kesehatan. Kalau dulu jika yang menikmati asuransi hanyalah sebatas para pegawai negeri dan ABRI saja namun sekarang tentunya berbeda yakni diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia supaya mereka bisa merasakannya tanpa terkecuali.

Di sini ada perbedaan yang menonjol dalam hal jangkauannya, dan pastinya manfaatnya pun juga akan jauh lebih merata dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.

Pada awal tahun 2014 tepatnya pada bulan Januari Pemerintah Indonesia dengan resmi telah mengoperasikan Badan Penyelenggara Jaminanan Sosial (BPJS) dengan produknya yang bernama BPJS Kesehatan.

Dalam penyelenggaraannya BPJS Kesehatan semuanya telah diatur dalam UU No. 40 tahun 2004.

Menyadari bahwa kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat akhirnya pemerintah memberikan kemudahan bagi semua masyarakat untuk menjadi pesertanya.

Salah satu kemudahan yang diberikan yakni biaya iuran yang terbilang terjangkau.

Bahkan khusus bagi kaum fakir pemerintah menerapkan PBI yang juga telah diatur dalam UU system jaminan sosial nasional.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara cek saldo dan mencairkan dana BPJS ketenaga kerjaan serta pengertian dan jenis jenis asuransi sesuai kebutuhan.

Proses Pendaftaran BPJS Kesehatan Bisa Secara Online

Selain dari iuran yang cukup kecil adalagi kemudahan yang juga diberikan oleh pemerintah demi semua masyarakat bisa merasakannya. Kemudahan dalam melakukan perdaftaran merupakan salah satu kelebihannya.

Untuk bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan masyarakat diperkenankan untuk mendaftar secara online melalui website resmi BPJS.

Berikut ini ada beberap jenis manfaat yang ditawarkan oleh pihak BPJS Kesehatan, yakni:

  • Pelayanan promoter yang bersiafat pencegahan seperti penyuluhan, imunisasi, KB dan juga skrining kesehatan
  • Pelayanan kuratif dan rehabilitasi berupa rawat jalan dan rawat inap termasuk kebutuhan obat bahan medis
  • Pelayanan non-medis seperti halnya ambulasnd dan akomodasi. Untuk kelengkapan fasilitasnya bisa anda lihat sendiri di dalam website BPJS Kesehatan.

Selain dari manfaat di atas yang akan anda peroleh ketika menggunakan BPJS Kesehatan ini, maka ada kelebihan lain yang juga bisa anda rasakan di dalam program ini. Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kelebihan Memiliki BPJS Kesehatan

Sebagai program jaminan kesehatan yang dipercayai oleh pemerintah, BPJS Kesehatan memiliki beberapa kelebihan dan manfaat diantaranya sebagai berikut:

1 Biaya Iuran yang Sangat Murah

Biaya iuran yang dibayarkan setiap bulannya oleh masyarakat biasa disebut sebagai premi. Perlu anda ketahui bahwa premi yang harus dibayar oleh masyarakat sangatlah murah bahkan untuk pelayanan kelas I sekalipun. Dari data pada tahun 2016 menunjukkan bahwa besaran premi yang harus dibayarkan oleh setiap kelasnya yaitu:

  • Untuk kelas I sebesar Rp 80.000,-
  • Untuk kelas II sebesar Rp 51.000,-
  • Untuk kelas III sebesar Rp 25.000,-

Bisa anda bandingkan dengan asuransi kesehatan murni swasta yang besaran jumlahnya berkisar Rp 500.000,- untuk setiap bulannya. Belum lagi jika dibandingkan dengan unit link yang besaran jumlahnya mencapai Rp 1.000.000,- yang diperoleh dari asuransi plus investasi.

Premi BPJS Kesehatan tidak membedakan antara jenis kelamin dan umur.

2 BPJS Tidak Mengenal Pre-existing Condition

Pre-existing condition berlaku di dalam asuransi swasta yakni tanggungan bagi jenis penyakit bawaan.

Berbeda dengan jaminan kesehatan nasional, BPJS aka menanggung semuanya tanpa kecuali.

Hal ini telah terbukti ketika dilakukan pendaftaran bahwa masyarakat tidak di disyaratkan untuk melakukan medical check up.

3 Tanpa Medical Check-Up

Tujuan utama dilakukannya medical check up adalah untuk mengetahui riwayat kesehatan seseorang, apakah orang tersebut memiliki penyakit bawaan atau tidak.

Hal ini memang berlaku di dalam asuransi kesehatan murni swasta, namun tentunya berbeda dengan BPJS Kesehatan yang semua itu tidak dipersoalkan, masyarakat hanya diminta untuk melakukan pendaftaran dan kemudian membayar iurannny setiap bulannya.

4 Platfon yang Tidak Terbatas

Adanya batasan plafon yang terdapat pada asuransi kesehatan swasta tentunya akan menentukan limit manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat.

Namun berbeda dengan di BPJS Kesehatan yang tidak ada plafon dan setiap peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan sampai batas akhir asuransi yang dipilih oleh peserta.

Kalaupun ada kelebihan biaya rumah sakit yang harus ditanggung sendiri oleh peserta maka itu tidak akan menjadi masalah besar jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan BPJS Kesehatan.

Dari sini bahwa kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan oleh peserta begitu besar.

Kelemahan dari BPJS Kesehatan

Selain beberapa kelebihan yang ada di dalam Program jaminan sosial nasional, BPJS Kesehatan juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya sebagai berikut:

  • Lamanya antrean untuk mendapatkan pelayanan
  • Proses administrasinya yang cukup ribet dengan menggunakan system rujukan berjenjang.
  • Peserta tidak bisa sembarangan melakukan klaim rumah sakit, karena tidak semua rumah sakit bermitra dengan BPJS Kesehatan, oleh karena itu peserta harus mengikuti rujukan dari BPJS Kesehatan. Tentunya ini sangat berbeda dengan asuransi swast yang pada umumnya telah melakukan kerjasama dengan berbagai rumah sakit.

Namun jangan hanya memandang kekurangannya saja, masih ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan ketika menjadi peserta dari BPJS Kesehatan ini.

Anda harus pandai pandai mempertimbangkannya sebelum memutuskan untuk memilih asuransi mana.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat ganda, maka anda bisa menggunakan keduanya sebagai satu kolaborasi yang baik bagi anda. Sehingga masing masing bisa tertutupi kekurangannya.

BPJS Kesehatan Vs. Asuransi Swasta? Pilih Sesuai Prioritas

Seperti halnya BPJS Kesehatan yang memiliki banyak kelebihan, asuransi swasta pun juga memilikinya seperti halnya:

  • Kecepatan dalam pelayanannya
  • Kemudahan dan fleksibel dalam memilih rumah sakit
  • Pengobatan di rumah sakit manapun bisa dilakukan, tanpa harus melihat bahwa rumah sakit tersebut melakukan kerjasama (cashless) dengan asuransi yang anda pilih atau tidak (reimbursement).

Semua hal pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan BPJS Kesehatan dan asuransi swasta yang sebenarnya tidak tepat untuk anda banding bandingkan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat keduanya anda bisa menggunakan kedua jenis asuransi tersebut guna menutupi masing masing kekurangannya.

Untuk itu pertimbangan yang matang perlu anda lakukan guna mendapatkan manfaat keduanya, bila anda rasa budget yang anda miliki cukup untuk mengambil keduanya, maka tidak ada salahnya untuk memilih kedua asuransi tersebut.

Berikut ini kami berikan cara cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan manfaat keduanya:

  • Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa asuransi yang anda pilih di luar BPJS Kesehatan memiliki fitur double claim, yang tagihannya bisa diklaim dikeduanya.
  • Jika anda rasa budget yang anda miliki terbatas maka pilihan yang paling tepat adalah BPJS Kesehatan
  • Bila anda menginginkan kecepatan pelayanan dan fleksibiltas dalam hal memilih rumah sakit maka anda bisa memilih berbagai macam asuransi kesehatan di luar BPJS Kesehatan.

Adanya BPJS Kesehatan janganlah dipandang sebagai pesaing dari asuransi swasta, justru dengan adanya ini kekurangan dari asuransi swasta bisa tertutupi begitupun sebaliknya. BPJS Kesehatan ini membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan.



Leave a Reply