Cek Saldo dan Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Tidak sedikit orang yang masih kesulitan dalam mengecek saldo serta dalam mencairkan dana bagi pemegang BPJS ketenagakerjaan. Oleh karean itu pihak BPJS Ketenagakerjaan berinisiatif untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Program yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan bisa anda nikmati ketika anda mencapai usia 55 tahun atau menurut persyaratan tertentu dan iuran program JHT yang pembayarannya ditanggung oleh perusahaan bukan dari pihak yang memperolehnya.

Untuk tenaga kerja sebenarnya iurannya hanya dikenakan sebesar 2%, namun pihak perusahaan akan membayarnya sebesar 3,7%. Hal ini tentunya sangatlah bermanfaat bagi para pekerja di masa pensiunnya nanti, selain itu program ini juga akan sangat membantu mereka jika sewaktu – waktu perusahaan melakukan PHK setelah anda menjadi peserta selama kurang lebih 5 tahun.

Cara dan langkah-langkah cek saldo BPJS ketenagakerjaan

Yang biasanya dilakukan oleh para pekerja untuk mengecek saldo setiap tahun sekali adalah mereka hanya diberikan sebuah prin out oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan fasilitas yang mudah untuk mengecek saldo, berikut ini caranya:

  • Online (akses internet) menggunakan perangkat komputer
  • SMS dengan jaringan seluler
  • Melalui aplikasi yang disediakan untuk perangkat smartphone

Dengan diberikannya fasilitas untuk mengecek saldo secara online maupun melalui sms, maka mereka perlu untuk melakukan beberapa cara berikut ini yakni:

1 Memeriksa saldo secara manual

Cara ini tentu saja tanpa menggunakan teknologi digital seperti halnya internet maupun telepon seluler, mereka harus mengecek saldonya dengan cara mendatangi langsung kantornya.

Kemudian anda tinggal memohon kepada petugas untuk mencetak slip saldo BPJAS Ketenagakerjaan. Namun seiring berjalannya waktu cara seperti ini sudah mulai ditinggalkan karena dianggap kurang efektif dan efisien. Mereka menganggap cara ini cukup merepotkan karena mengharuskan mereka untuk pergi langsung ke kantornya.

2 Cek saldo BPJS melalui ATM BNI

Cara yang kedua ini memang dikhususkan bagi mereka yang memegang rekening BNI, mereka bisa mengeceknya melalui ATM BNI. Karena sebelumnya pihak BNI telah melakukan kerjasama dengan pihak BPJS maka bagi nasabahnya akan semakin dimudahkan untuk melakukan pengecekan saldo. Namun perlu anda ketahui bahwa di samping ada kelebihannya pasti ada saja kekurangannya dalam hal ini yakni anda tidak bisa untuk menarik saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI.

3 Melalui situs web resmi (online)

Cara yang ketiga ini anda akan semakin dimudahkan untuk melakukan pengecekan saldo, karena di mana saja dan kapan saja anda bisa melakukannya, asalkan saja ada akses internet bisa melalui laptop ataupun gadget. Kemudian anda tinggal masuk ke website resminya. Untuk lebih jelasnya mengenai prosedurnya, berikut ini kami berikan kelengkapannya:

  • Langkah pertama yang perlu untuk anda lakukan adalah mempersiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ anda kemudian kunjungi akses di bpjsketenagakerjaan.go.id.atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
  • Masukkan user ID dan password di Login jika sebelumnya sudah pernah mendaftar. Namun, jika Anda masih terbilang baru anda diharuskan untuk mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja).
  • Pilihlah jenis keanggotaan sebagai tenaga kerja dan isilah form yang sudah tersedia dengan lengkap dan benar.
  • Kemudian pilihlah setuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan.
  • Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik daftarkan atau SUBMIT DATA.

Jika pendaftaran telah selesai anda lakukan maka untuk ferifikasinya anda akan dikirim via email atau via sms yang sebelumnya anda gunakan unutk aktivasi akun.

Jika anda mengharapkan user ID dan password anda bisa digunakan maka usahakan jangan sampai anda salah dalam memasukkan kode aktivasi yang sebelumnya telah dikirim. Setelah itu anda bisa melakukan log in dengan mudah dan melanjutkan prosedur selanjutnya:

  • Setelah masuk di menu member BPJS  Ketenagakerjaan, pilihlah menu Lihat Saldo JHT.
  • Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan anda, lalu klik tombol SUBMIT, jumlah saldo anda akan muncul di layar.
  • Selain untuk mengetahui jumlah saldo, anda juga dapat membuka menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi profil , Simulasi Saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim secara online.

4 Cek saldo melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi mereka yang terbiasa menggunakan smartphone seperti android, apple, blackberry dan sejenisnya maka anda disediakan aplikasi khususnya untuk melakukan pengecekan saldo. Anda bisa melakukan beberapa caranya di bawah ini:

  • Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dan install pada smartphone anda
  • Selanjutnya tinggal melakukan setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS anda.
  • Alternatif lainnya dengan login melalui https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
  • Bagi yang sudah mempunyai akun lama di Jamsostek dapat login menggunakan ID dan password akun lama tersebut.
  • Untuk peserta baru sebaiknya mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun BPJS seperti tahap nomor #3.

5 Periksa jumlah saldo melalui SMS

Cara yang terakhir untuk mengecek saldo adalah melalui sms dan ini merupakan cara yang paling banyak digunakan. Sudah barang tentu kalau cara ini lebih mudah dan murah, maka mereka tidak perlu untuk memiliki akun email bagi mereka yang tidak akrab dengan internet.

Caranya pun juga cukup mudah, anda hanya perlu untuk mengirimkan sms ke nomor sms center BPJS kemudian anda akan mendapatkan balasan mengenai jumlah saldo anda. Untuk bisa menggunakan faislitas ini anda perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memakai nomor seluler anda yang aktif, caranya sebagai berikut:

  • Ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: REG#02D00065455#230384#tiara kirim ke 08111009696.
  • Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA.
  • Jika ID sudah didapatkan, maka dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut:
  • Ketik SALDO#ID_anda, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: SALDO#123456789 kirim ke 08111009696
  • Kemudian anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT sebagai berikut: SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 11 2015 RP.11.000.000. SMS tersebut berarti saldo dengan ID 123456789 sampai dengan tanggal 30 bulan 4 tahun 2017 ialah sebesar 11 juta rupiah.

Baca juga ulasan menarik lainnya tentang solusi PIN dan Key klik BCA terblokir serta artikel lain mengenai jenis jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Proses klaim atau mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan

Jika menurut ketentuan yang diatur di dalam UU Ketenagakerjaan, maka semua pekerja harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja dari segala resiko terkait dengan kesehatan, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang ada di dalam BPJS. BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja dan pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi.

Dari investasi yang anda lakukan tersebut maka hasilnya akan dikembalikan lagi kepada anda seperti halnya tabungan. Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah langkah mengajukan pencairan dana

Tidak jarang ketika akan mencairkan dana JHT atau Jaminan Hari Tua akan menimbulkan masalah, karena prosedurnya yang dianggap rumit oleh sebagian besar masyarakat. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengajukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaa, yakni:

  • Peserta disarankan untuk datang langsung ke kantor or BPJS Ketenaga Kerjaan dan sebaiknya tidak diwakilkan guna memperlancar proses klaim
  • Mintalah kepada petugas mengenai informasinya kemudian barulah Isi formulir yang diberikan secara lengkap dengan melampirkan dari Kartu Jamsostek asli, KTP asli dan fotokopi, KK asli dan fotokopi, buku tabungan asli dan surat pengalaman kerja dari perusahaan lama.
  • Untuk Proses pemeriksaan kelengkapan dokumen anda dan verifikasi di loket berlangsung tidak lebih dari 10 menit.
  • Bawa berkas yang telah diverifikasi kepada petugas dan minta nomor antrian pada penjaga setempat di loket pelayanan pencairan.
  • Apabila semua data yang anda berikan telah dinyatakan lulus maka dana pasti akan cair dengan segera.

Layanan yang di tanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan secara definis memanglah berbeda, namun pada intinya sama – sama merupakan bentuk investasi dan program perlindungan. Karena setiap pekerjaan pastinya mempunyai resiko sakit, kecelakaan dan kejadian lainnya yang bisa merugikan para pekerja.

Untuk itulah mengapa disetiap tempat kerja sangat dianjurkan untuk mengeluarkan iuran serupa dengan asuransi tenag kerja tersebut yang dulunya adalah JAMSOSTEK dan sekarang ditangani oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Lantas apa saja layanan yang akan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan? Berikut ini beberapa jenisnya, yaitu:

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) – Perlindungan atas berbagai macam resiko kecelakaan yang bisa terjadi di dalam hubungan kerja, baik dalam perjalanan ke tempat kerja atau terkena penyakit di sana.

Jaminan Hari Tua (JHT) – Merupakan simpanan setelah pekerja pensiun.

Jaminan Kematian (JKM) – Santunan bagi ahli waris dari pekerja jika peserta BPJS meninggal dunia, dan bukan karena terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) – Membantu ketika terjadi masalah kesehatan pada pekerja, yang meliputi mencegah penyakit, perawatan di klinik dan rumah sakit, serta pengobatan.

Demikian tadi beberapa hal mengenai BPJS Ketenagakerjaan yang dapat anda cermati mulai daripendaftaran, cara cek saldo, cara mengajukan klaim mencairkan dana hingga layanan yang diberikan.

Related Post

Asuransi Mobil: Perhatiakan Hal Berikut Ini Agar Paham Syarat dan Ketentuannya Semua orang pasti mengkhawatirkan keselamatan jiwanya. Oleh sebab itu muncullah program yang dinamakan asuransi yang diperuntukkan bagi semua orang. ...
Cara Lapor Pajak Online: Registrasi DJP- Efiling SPT Tahunan Dengan Praktis dan ... DJP Online menyediakan fasilitas aplikasi pajak yang disebut eFiling bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan dan bisa di akses m...
Mengenai Tata Cara Meminjam Uang di Bank Syariah Syarat dan Ketentuannya Mengenai cara proses serta syarat dan ketentuan yang berlaku ketika akan mengajukan pinjaman kredit pada bank syariah sudah pasti akan sedikit berbeda...
Meminjam Uang ke Bank: Perhatikan 4 Hal Berikut Ini Agar Kredit Anda Efektif Sebelum meminjam uang atau mengajukan pinjaman kredit kepada bank sebaiknya anda memperhatikan beberapa faktor penting yang nantinya akan sangat bergu...



Leave a Reply