Daftar Internet Banking IB BRI dan BRI Mobile Dengan Cara Mudah

Anda masih bingung dengan bagaimana cara daftar internet banking IB BRI dn BRI Mobile untuk bisa melakukan transaksi financial dengan mudah dari mana saja dan kapan saja? Untuk mengetahuinya anda bisa menyimak ulasan kami berikut ini.

Kedua jenis fasilitas yang diberikan BRI kepada Nasabahnya ini kelihatannya sama saja namun sesungguhnya keduanya sangatlah berbeda.

Internet banking BRI merupakan fasilitas perbankan yang dapat diakses melalui website resmi BRI https://ib.bri.co.id. Seorang nasabah membutuhkan token keamanan yang berlapis ketika melakukan teransaksi financial.

Sedangkan BRI Mobile merupakan fasilitas perbankan yang sangat praktis karena  hanya dengan menggunakan ponsel anda sudah bisa melakukan transaksi financial yang pastinya sebelumnya telah ada aplikasi m – banking BRI.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah seorang nasabah terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke kantor cabang BRI di wilayah anda.

Panduan Mudah Daftar Layanan e-Banking dari BRI

Jangan terlebih dahulu berpikir prosesnya terlalu ribet, namun pikirkanlah manfaatnya yang akan anda peroleh ketika mendapatkan fasilitas ini. Anda akan lebih mudah melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer tanpa  harus pergi ke ATM atau kantor BRI.

Proses pendaftaran internet banking BRI dan BRI Mobile tidaklah lama hanya sekitar satu jam saja anda sudah bisa mendapatkan fasilitas ini, asalkan antrean di CS tidak terlalu panjang.

Jika anda berminat untuk mendapatkan kedua fasilitas ini maka anda perlu untuk mengikuti beberapa prosedurnya di bawah ini, yakni:

Daftar Internet Banking BRI (IB)

Langkah pertama yakni nasabah bisa melakukan registrasi awal melalui mesin ATM BRI. Selanjutnya anda tinggal untuk mengikuti petunjuk yang ada pada bagian menu internet banking yang terpampang di layar mesin ATM.

Jika anda masih bingung maka anda akan dipandu untuk membuat user ID dan password yang nantinya akan anda gunakan untuk log in di situs resmi BRI yaitu https://ib.bri.co.id.

Setelah tahap pertama telah anda selesaikan maka tahap selanjutnya adalah anda harus datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk memperoleh m token.

Token yang diberikan oleh BRI untuk internet banking berbeda dengan bank – bank lainnya yang merupakan token virtual boken alat token fisik.

Pihak CS akan memberikan anda sebuah formulir untuk mendapatkan token, dan isilah formulir tersebut dengan data yang valid dan berikanlah nomor yang masih aktif yang sering anda gunakan.

Setelah pengisian formulir selesai maka anda akan dikirimi token melalui nomor hanphone anda yang telah terdaftar tadi untuk menerima kode respon saat bertransaksi via IB BRI.

Anda harus membawa serta dokumen – dokumen yang diperlukan ketika ke meja CS, yakni berupa:

  • Buku tabungan BRI
  • KTP
  • SIM
  • PASPOR
  • Kartu ATM

Fitur – fitur yang dimiliki oleh BRI Internet Banking diantaranya adalah e – money dan PLN serta pembayaran pinjaman multifinance, cicilan serta zakat BRI selai itu fitur standartnya yakni transfer atau cek saldo.

Daftar mobile banking BRI (m-Banking)

Untuk proses pendaftaran BRI Mobile banking sebenarnya caranya hampir sama dengan sebelumnya, untuk lebih mudahnya sebaiknya anda melakukannya secara bersamaan ketika anda mendatangi kantor BRI.

Jika handphone anda sebelumny atelah dilengkapi dengan aplikasi m-banking BRI maka sebaiknya anda bawa serta hp anda ketika melakukan pendaftaran. Fasilitas seperti transfer antara bank, info saldo, mutasi, isi ulang pulsa serta pembayaran kartu kredit, tiket dan tv berbayar dapat anda akses dengan mudah melalui mobile banking. Bagi para pebisnis online yang sering kali melakukan transaksi financial sudah sewajarnya memiliki kedua fasilitas ini karena akan lebih efektifa dan efisien, tanpa harus bolak balik ATM.

Baca juga ulasan terkait tentang solusi masalah PIN key Klik BCA individual terblokir serta artikel menarik lainnya tentang cara cek saldo dan tarik dana BPJS ketenagakerjaan.

Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile Secara Detail

Setelah anda mengetahui prosedur pembuatan keduanya maka alangkah lebih baik jika mereka para nasabah mengetahui dan memahami secara detail mengenai perbedaan keduanya. Internet banking merupakan transaksi yang menggunakan jaringan internet dengan mengakses website resmi Bank BRI. Sedangkan jika nasabah melakukan transaksi menggunakan aplikasi pada gadget atau handphonenya untuk melakukan transakis maka yang ini dinamakan dengan fasilitas m-banking.

Kedua fasilitas tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari e-banking. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai perbedaan keduanya, yakni:

BRI Internet Banking

Untuk fasilitas internet banking yang diberikan oleh bank lain selain bank BRI msih saja memerlukan alat fisik untuk mendapatkan token sebagai pengirim kode keamanan berlapis.

Namun berbeda halnya dengan BRI yang sudah menggunakan token sehingga penerimaan kode akan dikirim kepada nasabah melalui sms nomor seluler yang telah terdaftar pada saat pengajuan. Lalu apa saja fasilitas yang membedakan antara m-banking dengan fitur IB BRI, berikut ulasannya:

  • Transaksi internet banking (IB) BRI harus dengan mengakses situs website https://ib.bri.co.id dengan menggunakan jaringan internet, bisa dengan menggunakan handphone atau perangkat komputer.
  • Bisa melakukan isi ulang e-Money
  • Pembayaran tagihan PLN
  • Pembayaran cicilan kredit (multifinance)
  • Transfer sesama bank maupun antar bank

Perlu anda ketahui bahwa transaksi melalui web sangat lah rawan terhadap tindak kejahatan jika anda tidak berhati – hati dan waspada. Perhatikanlah dengan cermat bahwa situs website BRI yang anda kunjungi tersebut merupakan situs resmi bukanlah hasil dari jebakan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

BRI Mobile-Banking

Walaupun di atas tadi sudah dijelasakan bahwa fasilitas m-banking BRI merupakan bagian dari fasilitas e-banking, namun perlu anda ketahui bahwa keduanya memiliki perbedaa, yakni:

  • Mobile banking diakses melalui aplikasi di gadget dan juga sms
  • Mobile banking terdiri dari m-banking dan sms banking
  • Mengecek mutasi saldo
  • Transfer antar bank maupun ke bank yang sama
  • Tidak bisa melakukan pengisian e-money
  • Tidak tersedia fitur pembayaran cicilan multifinance
  • Perlu pulsa regular untuk sms banking

Simak juga ulasan mengenai program kredit pinjaman KUR BRI serta artikel lainnya tentang daftar rekening tabungan tanpa biaya bulanan.

Fasilitas ini memanglah cukup memudahkan para nasabahnya karena mereka tidak perlu lagi untuk ke ATM, belum lagi nanti harus menunggun antreannya. Kalau menggunakan fasilitas ini maka anda bisa melakukan transaksi sambil melakukan pekerjaan anda.  Akan tetapi perlu anda ingat bahwa melakukan transaksi online ini sangatlah rentan terhadap tindak kejahatan oleh sebab itu anda diharapkan untuk selalu berhati – hati dan waspada.

Jangan pernah untuk memberikan akses username ataupun PIN anda kepada siapa saja karena bisa saja mereka menggunakannya untuk hal – hal yang tidak baik yang nantinya akan merugikan anda.



Leave a Reply