Pengertian dan Jenis-Jenis Asuransi Yang Perlu Dipahami Sesuai Dengan Fungsinya

Asuransi merupakan sebuah istilah yang merujuk pada bentuk tindakan untuk memberikan perlindungan secara finansial atau berupa ganti rugi terhadap segala resiko baik untuk jiwa, aset (properti) dan pendidikan.

Sebuah resiko tidak akan lepas dari hidup kita, entah itu resiko kecil ataupun besar. Semua tindakan yang kita lakukan setiap hari tanpa kita sadari mengandung banyak sekali resiko. Bahkan semua aspek kehidupan di dunia ini memiliki banyak resiko yang tidak mungkin bisa kita hindari.

Kalaupun kita bisa menanganinya mungkin akan tetap membutuhkan bantuan orang lain. Sehingga salah satu solusi yang bisa membantu kita dalam menangani resiko adalah asuransi, setidaknya dengan adanya asuransi kita bisa menekan dan mengurangi beban hidup yang terlalu berat untuk ditanggung sendiri.

Fungsi dasar asuransi dan beragam keuntungan serta manfaatnya

Seperti yang diketahui oleh banyak orang bahwa kegunaan dari sebuah asuransi adalah untuk membantu manusia dalam menekan resiko ataupun kerugian yang sewaktu waktu bisa saja terjadi.

Asuransi bisa juga diartikan sebagai penghilang rasa khawatir manusia terhadap bahaya atau resiko.

Adapun rasa khawatir itu sebenarnya sangatlah banyak misalkan saja khawatir akan kesehatan anda, barang barang berharga anda, pendidikan anda ataupun pada keluarga anda.

Untuk menghilangkan rasa khawatir ini maka anda perlu melakukan sebuah tindakan untuk melindungi keluarga anda dan barang  barang berharga anda, salah satu caranya yaitu dengan asuransi. Mungkin dengan asuransi rasa khawatir anda akan bisa lebih ternetralisir.

Namun sebelum anda asuransikan segala hal yang anda miliki maka ada baiknya anda ketahui dulu apa yang dinamakan dengan asuransi dan apa saja jenis jenis dari asuransi itu.

Definisi asuransi beserta jenis jenisnya yang ada di Indonesia

Semakin anda mengetahuinya maka anda akan semakin mantap dan yakin untuk mengambil tindakan ini. Jika anda ingin memahami lebih dalam tentang asuransi, berikut ini kami berikan ulasannya tentang asuransi.

1. Pengertian Umum Asuransi

Adalah salah satu alat penyaluran resiko dari pihak yang melakukan asuransi kepada pihak penanggung, dimana pihak yang melakukan asuransi haruslah membayar uang atau premi kepada pihak pemberi asuransi.

Jadi pada dasarnya resiko yang anda miliki bisa anda alihkan kepada pihak pengasuransi dengan cara membayar premi.

Untuk besaran premi yang mesti anda bayar sangatlah beragam tergantung dengan nilai dari barang yang anda asuransikan.

2. Ketentuan Yang Mengatur Asuransi

Dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian, Asuransi diartikan sebagai perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada pihak pengasuransi, untuk memberikan pengganti kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ketiga yang mungkin akan diderita pihak penerima asuransi, yang timbul karena suatu peristiwa yang terjadi, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang jadi tanggungan.

3. Dalam Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD)

Tentang Asuransi atau Pertanggungan  Seumurnya, Asuransi diartikan sebagai suatu perjanjian di mana pihak pemberi asuransi mengikatkan diri kepada pihak yang menerima asuransi, dengan menerima premi, untuk memberikan ganti kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang terjadi sewaktu waktu.

4. Kesimpulan Mengenai Asuransi

Jadi dapat disimpulkan bahwa Asuransi itu adalah suatu penyalur resiko dari pihak yang melakukan asuransi kepada pihak yang memberikan asuransi, dengan membayarkan sejumlah premi.

Misalnya si A memiliki sebuah usaha atau bisnis mie ayam yang sedang naik, si A sadar bahwa jika bangunan yang ditempatinya mengalami suatu masalah maka akan mengganggu usahanya.

Maka si A mengasuransikannya supaya jika nanti ada masalah dengan bangunan yang ditempatinya maka segala sesuatunya akan ditanggung akan pihak pemberi asuransi. Dengan demikian si A hanya perlu membayar sejumlah premi yang telah ditentukan sebelumnya.

Ada satu hal yang perlu dan penting untuk anda ketahui mengenai asuransi yakni tidak semua jenis kerugian ataupun kehilangan keuntungan akan diganti oleh perusahaan asuransi, karena perusahaan asuransi hanya akan membayar ganti rugi jika sesuatu itu terjadi karena sebuah kecelakaan yang sebenarnya.

Maka semua pengaduan atau klaim dari pihak penerima asuransi akan dipelajari terlebih dahulu sebelum memberikan gantinya.

Jika sebuah pengajuan pengaduan atau klaim dianggap palsu atau tidak terbukti maka pihak perusahaan asuransi akan langsung menolaknya.

Jenis-Jenis Asuransi Sesuai Dengan Fungsinya

Di Indonesia ada banyak sekali jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan pemberi asuransi, untuk mengetahuinya berikut ini ulasannya:

Asuransi Jiwa – Ganti rugi atas kejadian fatal yang mengakibatkan kematian

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang akan melindungi keluarga anda jika nantinya anda meninggal.

Asuransi ini bisa juga disebut sebagai warisan anda kepada keluarga anda. Setiap manusia tidak ada yang mengetahui kapan datangnya kematian.

Maka dari itu asuransi ini adalah salah satu pilihan yang tepat bagi anda sebagai peninggalan untuk keluarga anda karena perusahaan akan memberikan uang pertanggungan ini untuk mengatasi beban yang menimpa keluarga anda.

Asuransi Kesehatan – Pertanggungan terhadap segala biaya pengobatan

Asuransi kesehatan ini pastinya sudah sangat jelas kegunaannya yakni untuk menanggung resiko ketika anda sakit.

Pastinya anda tahu kan kalau biaya untuk berobat itu sangat mahal, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan asuransi sebagai pelindung diri anda.

Maka segala sesuatu yang anda butuhkan ketika sakit mulai dari penginapan di rumah sakit dan obat obatnya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Maka anda tidak perlu khawatir lagi.

Asuransi Pendidikan – Pertanggungan terhadap kebutuhan pendidikan

Asuransi ini memiliki kegunaan untuk menanggung semua kebutuhan pendidikan anda di masa mendatang.

Karena biaya pendidikan setiap tahunnya selalu semakin mahal maka anda bisa menggunakan asuransi untuk membiaya pendidikan anda.  Atau jika anda memiliki anak dan adan berkeinginan untuk menyekolahkannya sampai ke jenjang yang lebih tinggi maka anda bisa menggunakan asuransi ini sebagai solusinya untuk menunjang kehidupan yang lebih baik.

Asuransi Property – Perlindungan atas segala kerugian terhadap aset berharga

Asuransi jenis ini memiliki fungsi untuk melindungi rumah pribadi anda atau juga bisa melindungi tempat usaha anda misalnya saja warung, kios, restaurant, ruko, hotel dan bangunan lainnya.

Karena tempat tempat tersebut merupakan aset bagi anda maka dengan mengasuransikannya adalah pilihan yang tepat.

Hal ini untuk berjaga jaga jika suatu saat nanti ada sesuatu hal yang menimpa rumah atau tempat usaha anda maka pihak asuaransi bisa menggantinya.

Asuransi Kecelakaan – Memberikan biaya pertanggungan terhadap resiko akibat musibah kecelakaan

Asuransi ini digunakan untuk menanggung sesuatu yang bisa menimpa anda misalkan saja kecelakaan, kematian, cacat atau biaya pengobatan jika anda sakit.

Kecelakaan yang dimaksud di sini adalah kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja maka anda perlu untuk melakukan asuransi ini untuk jaga jaga.

Jika perusahaan tempat anda bekerja belum memberikan fasilitasi asuransi. Alangkah baiknya anda secepatnya melakukan asuransi.

Asuransi Transportasi atau Komunikasi – Pilihan untuk yang aktif traveling

Jenis asuransi ini akan menanggung atas kerugian berupa perjalanan, kendaraan, penerbangan, pelayaran dan lain lain.

Ini sangat baik anda gunakan jika anda sangat suka dalam kegiatan travelling. Hal ini bisa anda gunakan untuk berjaga jaga jika dalam perjalanan anda mengalami sebuah peristiwa yang menyebabkan kerugian bagi diri anda.

Asuransi Unit-Link – Intrument yang serupa dengan investasi

Ini jenis asuransi yang bisa anda gunakan sebagai pelindung diri sekaligus sebagai invesatasi.

Caranya yakni dengan anda membeli asuransi sekaligus melakukan investasi di reksadana.

Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni perlindungan dan investasi. Sangat menguntungkan bukan?.

Namun di samping itu ada sebuah kekurangan yang perlu anda ketahui yaitu biayanya yang sangat tinggi, karena nantinya biaya investasi anda akan dipotong oleh pihak pengasuransi.

Asuransi Lain-lain – Beragam pertanggungan terhadap materi dengan devinisi khusus

Jenis jenis asuransi yang telah di jelaskan di atas merupakan asuransi yang sudah lazim ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Selain itu untuk menarik para pelanggan maka perusahaan sering kali berinovasi dengan membuat berbagai produk baru.

Hal ini tergantung dari perusahaan itu sendiri. Kegiatan asuransi sendiri sebenarnya sudah tidak lagi menjadi barang baru lagi, karena banyak sekali seperti artis dunia yang mengasuransikan bagian bagian tubuhnya dengan nilai yang sangat fantastis. Luar biasa bukan?

Jadi sebuah asuransi tidak lagi diperuntukkan bagi barang barang atau yang lainnya bahkan sudah sampai ke tubuh manusia.

Mengenai istilah asuransi berbasis syariah yang ada saat ini

Itu tadi berbagai jenis asuransi yang ada pada saat ini. Namun apakah sebelumnya anda pernah mendengar istilah asuransi syariah?

Ketahuilah bahwa itu bukanlah merupakan jenis dari asuransi melainkan system kerja asuransi yang menerapkan aturan hukum islam di dalamnya jadi sangatlah berbeda dengan asuransi asuransi pada umumnya atau asuransi konvensional.

Jika dibandingkan dengan asuransi konvensional maka asuransi syariah dinilai lebih adil dan halal karena mereka menerapkan prinsip saling membantu, tolong menolong ataupun saling melindungi.

Demikian tadi yang dapat kami ulas secara singkat mengenai materi asuransi. Jadi jika anda sangat peduli dengan keluarga dan dengan diri anda tentunya jangan lagi menunda nunda untuk segera menggunakan asuransi untuk tameng diri anda.



Leave a Reply