12 Peluang Usaha dan Bisnis Saat Bulan Ramadhan Yang Paling Menguntungkan

Peluang bisnis dan usaha di bulan Ramadhan yang penuh berkah – Ingin memiliki aktifitas positif yang bisa menghasilkan dan menguntungkan disela kegiatan ibadah puasa tentunya akan sangat bermanfaat dan lebih berkah.

Saat menjelang bulan puasa biasanya sudah banyak orang yang mempersiapkan beberapa jenis aktifitas baru sebagai bentuk usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Karena ini termasuk jenis peluang bisnis musiman, maka popularitasnya kadang hanya bersifat sementara yaitu hanya pada bulan Ramadhan saja hingga menjelang hari raya lebaran.

Ragam peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan dibulan Ramadhan

Berikut ini akan kami berikan ulasan mengenai aneka ragam jenis peluang usaha di bulan ramadhan yang cukup potensial bisa menambah penghasilan dan tentunya sangat menguntungkan.

Berjualan Takjil – Hidangan berbuka puasa yang laris manis

Yang satu ini sudah menjadi tradisi yang tidak akan pernah terlewatkan saat tiba bulan puasa.

Dimanapun tempatnya apabila mayoritas masyarakatnya adalah kaum muslim maka peluang bisnis berjualan takjil atau makanan berbuka puasa akan tetap laris manis diserbu oleh pembeli.

Jika kita cermati dari tahun ke tahun varian makanan berbuka ini cenderung sama dan terkadang ada jenis menu tertentu yang hanya dibuat saat bulan ramadhan saja.

Untuk itu sedini mungkin anda bisa merencanakan untuk menciptakan kreasi varian hidangan baru agar bisa merebut konsumen dan jualan anda menjadi trending daripada yang lainnya.

Berjualan Perlengkapan Ibadah – Moment paling tepat dan panen rezeki

Untuk umat muslim diseluruh dunia tentunya akan melakukan ibadah dengan giat giatnya ketika memasuki bulan suci ramadhan.

Tidak jarang mereka sangat senang untuk membeli perlengkapan ibadah yang baru baik untuk kebutuhan diri sendiri maupun akan disumbangkan kepada pihak yang lebih memerlukan.

Hal ini tentunya adalah moment paling tepat jika anda memiliki modal untuk menjadikannya peluang usaha yang menguntungkan dengan berjualan perlengkapan ibadah seperti mukena,  kain sarung, peci, sajadah dan lainnya.

Bagi yang tidak memiliki cukup modal bisa dengan cara berkordinasi dengan supplier ataupun toko grosir dengan perjanjian bayar belakangan setelah laku saja.

Berdagang Busana Muslim – Bisnis paling laris secara offline dan online

Ini juga bagian dari tradisi kaum muslim di Indonesia yang mana ketika menjelang hari raya lebaran Idul Fitri mereka selalu belanja pakaian baru khususnya busana muslim baik untuk pria, wanita, anak anak dan remaja.

Moment ini juga sangat potensial untuk anda jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan sambil menjalani ibadah puasa.

Apabila anda belanja stok barang sendiri memang sangat riskan serta memerlukan modal usaha yang relative besar, belum lagi jika nanti dagangan anda tidak bisa terjual habis sampai akhir bulan ramadhan.

Untuk itu lebih disarankan agar memilih sistem bayar belakangan jika bisa bekerjasama dengan supplier atau toko grosir yang menyediakan barang.

Bagi yang menjalankan bisnis menjual busana muslim secara online, maka bisa menggunakan sistem dropship agar anda tidak disibukkan dengan pengadaan serta pengiriman barang.

Memliki akun sosial media, maka ini menjadi kesempatan anda untuk bisa mendapatkan uang dari facebook, instagram dan lain sebagainya dengan cara bisnis dropship busana muslim serta aksesoris lainnya.

Bisnis Parsel – Berkreasi untuk mengais rezeki dibulan suci

Mendekati hari raya tentu saja banyak orang sibuk ingin membagikan bingkisan kepada sodara, sahabat ataupun rekan kerja.

Harga parsel sangat beragam sesuai dengan isi yang ada didalamnya serta kemasan yang kreatif juga bisa menjadikan harga parcel sedikit lebih tinggi.

Untuk setandart saja rata rata dijual dengan harga kisaran Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu.

Sedangkan untuk paket atau parcel yang special bisa mencapai hampir sejutaan.

Sementara apabila anda mampu berkreasi sendiri tentunya ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena sudah jelas keuntungannya sangat besar.

Tetapi untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen, sebaiknya tetap membuat parcel dengan produk produk yang berkualitas dan jangan menghalalkan cara meraup keuntungan dengan menjual produk kadaluarsa.

Menjajakan Kembang Api – Awas jangan sampai berurusan sama pak polisi 😀

Jenis usaha musiman ini juga menjadi peluang bisnis di bulan ramadhan yang sangat menjanjikan.

Menyalakan kembang api sudah menjadi tradisi masyarakat bukan hanya disaat pergantian tahun baru, hari raya imlek ataupun dihari kemerdekaan.

Khususnya dibulan puasa justru sepanjang bulan sampai hari raya semaraknya orang bermain kembang api hampir tidak pernah terhenti.

Meskipun kadang tampak seperti dangangan kecil, namun modal untuk bisa berjualan kembang api bisa dibilang sangat besar.

Walaupun demikian biasanya keuntungan penjaja kembang api bisa sampai 2 kali lipat dari harga grosir atau kulakannya.

Bisnis Rental Mobil – Berkah musim mudik lebaran

Ketika lebaran tiba identik dengan musim mudik atau pulang kampung bersama keluarga.

Angkutan umum pada saat ini biasanya cukup padat berdesakan sehingga banyak yang berencana pulang mudik dengan menyewa kendaraan selain lebih praktis juga bisa untuk liburan dikampung halaman.

Jika untuk hari hari biasa rental mobil sekelas avanza dan senia hanya dipatok kisaran Rp 300 ribu perhari, maka menjelang hari raya bisa meningkat sampai Rp 500 ribu per harinya.

Selain itu harus berebut pesanan jauh jauh hari sebelum semua rental kehabisan stok mobil sewaan.

Meskipun usaha ini memang memerlukana modal yang luar biasa besar, namun momen bulan ramadhan adalah saatnya panen dengan keuntungan berlipat lipat karena tidak jarang penyewa selalu melakukan kontrak yang cukup lama sampai usai musim lebaran.



Leave a Reply