Jenis Pinjaman Kredit Usaha Rakyat KUR Mikro BNI 2019 Syarat dan Prosesnya

Saat ini BNI memiliki program dana pinjaman dalam bentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang terdiri dari 3 jenis. Untuk bisa mendapatkan kredit ini ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Apa saja syaratnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

KUR sekarang tidak hanya dimiliki oleh bank BRI dan Mandiri saja, melainkan Bank BNI juga sudah mulai menyalurkan kredit ini sebagai bagian dari program pemerintah. KUR itu sendiri merupakan sebuah program pinjaman uang atau pembiayaan yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro sebagai bentuk tamabahan modal usaha mereka. Oleh sebab itu para pelaku usaha saat ini semakin banyak karena mereka tidak perlu pusing – pusing lagi mencari modal untuk mendirikan sebuah bisnis, mereka hanya perlu datang ke bank dan membawa serta persyaratan yang dibutuhkan.

Perlu anda ketahui bahwa KUR Mikro yang bisa diajukan saat ini batas maksimalnya sampai Rp 25.000.000,-. Sedangkan untuk para pelaku usaha yang memang membutuhkan modal yang lebih besar bisa mengajukan kredit ritel dengan pinjaman maksimal Rp 500.000.000,-. Cukup besar bukan?

Untuk jangka waktu kredi (tenor) bisa disesuaikan dengan jenis pinjaman yang diajukan oleh pihak pemohon, jika KUR yang diajukan akan digunakan sebagai tambahan modal kerja maka tenor maksimal sampai dengan 36 bulan (3 tahun), sedangkan untuk jenis kredit investasi tenor maksimal bisa mencapai 4 tahun.

Baca juga ulasan terkait mengenai tips agar pinjaman bank cepat di setujui serta artikel lainnya tentang tempat meminjam uang paling tepat dan aman.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon KUR BNI

Supaya pengajuan KUR anda bisa disetujui oleh pihak bank maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang diminta oleh pihak bank. Untuk syarat utama seorang pemohon mereka harus sudah memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Adapun beberapa syarat lainnya yang harus anda penuhi adalah sebagai berikut:

Syarat KUR Mikro BNI

  • Persyaratan administrasi : KTP, Kartu Keluarga, Surat ijin usaha
  • Tidak diwajibkan memberikan jaminan
  • Tidak sedang dalam kredit di bank lain.

Untuk proses pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini anda bisa datang langsung ke Bank BNI terdekat. Pinjaman ini bisa anda gunakan untuk modal tambahan dalam  membangun atau mengembangkan usaha anda

3 Macam atau Jenis KUR Bank BNI

KUR di Bank BNI memiliki jenis yang sama dengan yang ada di Bank BRI yakni:

  • KUR Mkro dengan pinjaman maksimal Rp 25.000.000,-
  • KUR Ritel dengan pinjaman maksimal yang diberikan adalah sebesar Rp 500.000.000,-
  • KUR TKI dengan pinjaman maksimal sebesar Rp 25.000.000,-

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan kredit ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah anda punya kredit lain atau tidak. Ada satu keunggulan yang perlu anda ketahui dalam mengajukan kredit ini yakni syarat dan prosesnya sangat mudah dan cepat, jadi anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kredit ini.

Berikut ini ada 3 jenis KUR di Bank BNI yang dapat anda gunakan sebagai alternatif pilihan yakni:

1 KUR Mikro Bank BNI

KUR Mikro ini bisa diajukan oleh nasabah yang akan mendirikan sebuah usaha atau mengembangkan usahanya yang sudah berjalan. Jenis kredit ini bisa anda jadikan sebagai piliha terbaik karena memiliki tenor yang cukup panjang yakni hingga 4 tahun.

Adapun syarat – syarat yang harus anda penuhi adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Usaha

Adapun jaminan yang perlu anda gunakan adalah usaha yang sedang anda jalankan. Seorang nasabah bisa mengajukan kredit ini hingga Rp 25.000.000,-

2 KUR Ritel Bank BNI

KUR Ritel yang diberikan oleh Bank BNI memiliki nilai antara Rp 25.000.000,- hingga Rp 500.000.000,-, sedangkan jangka waktunya hingga 5 tahun.

Adapun beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mendapatkan kredit ini adalah:

  • KTP
  • NPWP (untuk pinjaman di atas Rp 50 juta)
  • Kartu Keluarga
  • Surat keterangan usaha

Anda bisa memberikan jaminan sesuai dengan ketentuan dari Bank BNI.

3 KUR TKI Bank BNI

Untuk KUR yang ketiga ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan KUR yang lain, hanya saja kredit ini diperuntukkan bagi anggota keluarga dari karyawan yang memiliki penghasilan tetap sebagai TKI.

Pinjaman yang bisa mereka dapatkan maksimal sebesar Rp 25.000.000,- dengan jangka waktu selama 3 tahun.

Adapun persyaratannya pun juga tidak jauh berbeda dengan KUR yang lain yakni:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat ijin usaha

Namun KUR ini tidak seluruhnya diperuntukkan bagi TKI yang tersebar di seluruh dunia melainkan sebatas di daerah Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan.



Leave a Reply