Punya 2 Rekening Dengan Nama Yang Sama Dalam 1 Bank (Rekening Ganda)

Memiliki rekening ganda alias punya 2 rekening dengan data nama yang sama dalam 1 bank apakah hal ini diperbolehkan?

Seperti yang telah dituturkan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) bahwa ia menyesalkan tentang belum akuratnya data nasabah diseluruh Indonesia yang melakukan transaksi jasa keuangan yang mana hingga saat ini masih saja banyak ditemukan rekening ganda di dalam perbankan.

Seperti contoh satu orang dapat membuka rekening tabungan sebanyak 10 dan itu belum bisa terdeteksi yang mana ini merupakan aspek yang penting bagi sistem informasi di perbankan.

Sedangkan untuk saat ini transaksi keuangan setiap harinya di Indonesia yang telah mencapai kisaran Rp 250 triliun yang notabene di belakang itu semua masih belum tampak secara akurat apakah transaksi tersebut hanya perorangan atau sebuah perusahaan.

Menyikapi hal ini menurut gubernur BI maka diperlukan data yang lebih akurat selayaknya e-KTP yang mana bisa melacak secara jelas semua jenis transaksi keuangan yang terjadi setiap saat.

Ditambah lagi bahwa BI memanfaatkan data dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) untuk meningkatkan data transaksi jasa keuangan. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan studi dari Bank Dunia, sudah hampir setengah orang dewasa di negeri ini beraktifitas dengan menggunakan beragam fasilitas perbankan.

Maka dari itu, kerjasama dengan Kemendagri dalam hal pemanfaatan e-KTP sangat dibutuhkan. Dalam hal ini e-KTP dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan verifikasi identitas nasabah/calon nasabah.

Simak juga ulasan terkait tentang jenis rekening bank tanpa potongan biaya administrasi bulanan serta artikel menarik lainnya mengenai bank terbaik untuk menabung.

Bagaimana jika ingin membuka 2 rekening di bank yang sama?

Jawabanya jelas saat ini akan ditolak oleh perbankan kecuali jenis akun atau jenis rekening tersebut berbeda seperti untuk jenis perorangan atau bisnis.

Bagi anda yang belakangan ini sempat membuat rekening baru, maka proses verifikasinya sudah sangat berbeda dengan beberapa tahun yang lalu.

Bahkan saat ini perbankan akan membuat foto serta record yang lebih detail mengenai identitas pembuat rekening untuk meminimalisir terjadinya rekening ganda.

Sebagai solusinya hanyalah memiliki banyak rekening pada tiap bank berbeda jika anda memang membutuhkannya sebagai sarana transaksi finansial dan kebutuhan bisnis lainnya.



Leave a Reply