Meminjam Uang ke Bank: Perhatikan 4 Hal Berikut Ini Agar Kredit Anda Efektif

Sebelum meminjam uang atau mengajukan pinjaman kredit kepada bank sebaiknya anda memperhatikan beberapa faktor penting yang nantinya akan sangat berguna serta untuk keberlangsungan finansial anda.

Beberapa orang berani mengajukan pinjaman uang kepada bank pastinya karena kebutuhan seperti tambahan modal usaha, membeli rumah, maupun keperluan konsumtif lainnya.

Selain banyaknya prosedur dan syarat yang harus dapat dipenuhi oleh calon debitur, sebaiknya agar tetap mempertimbangkan hal hal lainnya karena berurusan dengan pihak perbankan kadang bisa sangat berbahaya jika anda tidak bisa mengikuti semua peraturan yang ada.

Beberapa hal yang harus anda hindari ketika meminjam uang kepada bank

Tidak jarang orang justru terjerat masalah hutang karena mereka meminjam uang ke bank, untuk itu selain anda harus membaca artikel tentang tempat meminjam uang paling tepat, berikut ini adalah beberapa hal yang patut untuk diperhatikan agar anda tidak pernah merugi akibat utang.

Jumlah Pinjaman – Meminjam lebih dari yang anda butuhkan akan sangat beresiko

Bijaklah ketika anda mengajukan pinjaman dengan memperhitungakan secara pasti berapa nilai yang diperlukan serta sesuaikan dengan kemampuan anda untuk membayarnya.

Meskipun anda diberikan kemudahan meminjam, jangan pernah melebihi dari yang sebenarnya dibutuhkan karena ini hanya akan menambah beban hutang.

Besarnya Cicilan – Pembayaran angsuran lebih dari 1/3 penghasilan

Pihak bank akan melakukan kajian terhadap kondisi finansial calon debitur disaat akan mengajukan kredit pinjaman.

Kemungkinan besar bank akan menolak permohonan kredit apabila total cicilan utang melebihi sepertiga dari total penghasilan setiap bulan.

Dalam hal ini pihak bank sebenarnya hanya untuk memastikan bahwa anda nantinya tidak akan kesulitan dalam membayar cicilan perbulannya.

Jadi kesimpulannya jangan pernah memaksakan diri untuk mengambil kredit yang mana jumlah cicilannya sudah melebihi 1/3 dari penghasilan anda perbulan.

Ambil Kredit Baru – Pinjam lagi sebelum satu pinjaman selesai

Sebaiknya anda menghindari mengambil produk kredit atau pinjaman lain sampai cicilan pinjaman yang sebelumnya selesai.

Hal ini tentu bertujuan agar penghasilan anda sebulan tidak habis hanya untuk membayar utang saja.

Hindari juga memakai uang pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari, kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak, seperti berobat atau membeli barang yang memang penting.

Jangan Terjebak Promo – Tergiur syarat mudah, tapi bunga tinggi

Beberapa bank kadang gencar sekali membuat promo produk pinjaman yang menggiurkan agar dapat menarik banyak calon debitur seperti kebanyakan tempat pinjam uang secara online yang bertebaran di internet.

Namun tetap perhatikan besarnya bunga pinjaman. Jangan mudah tergiur dengan persyaratan yang mudah, tapi bunga yang ditawarkan cukup besar.

Usahakan pilih lembaga keuangan yang menawarkan  bunga pinjaman paling rendah, dengan jangka waktu angsuran terpendek, sehingga jumlah bunga yang dibayarkan tidak terlalu besar.

Apapun alasannya, pinjaman kredit adalah sebuah beban utang yang wajib anda bayar dengan segala resiko dan konsekuensinya.

Memahami akan hal ini maka sebaiknya anda lebih cerdas dalam memanfaatkan produk pinjaman dan jangan pernah menganggap mudah karena anda tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi dengan keuangan anda kedepannya.



Leave a Reply