Tabungan Pendidikan: Cara Tepat Memilih Tabungan Rencana Pendidikan

Karena biaya pendidikan memang mahal, maka memiliki tabungan pendidikan memang sudah sangat perlu dan bagaimana cara memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhannya simak ulasan ini hingga tuntas.

Tabungan pendidikan ini merupakan produk perbankan yang termasuk dalam salah satu jenis produk tabungan berjangka dimana anda akan menyisihkan uang ke dalam produk tabungan di bank yang bisa dilakukan secara rutin maupun sekali saja untuk mencapai jumlah target dana tertentu.

Mengenai jumlah target dana tertentu ini pada umumnya akan di sesuaikan dengan estimasi biaya pendidikan ketika anak menempuh pendidikan di SD, SMP, SMA bahkan hingga universitas.

Contoh perkiraan menghitung untuk persiapan tabungan pendidikan

Ambil perkiraan bahwa anak anda akan masuk kuliah 10 tahun lagi dengan tetap mempertimbangkan faktor inflasi segala macam, misalnya mencapai Rp 500 juta.

Nah, ini berarti setiap bulan selama 10 tahun alias 120 bulan, dengan perkiraan bahwa Anda akan mendapatkan bunga yang diasumsikan sebesar sekian persen per tahun, Anda harus menyisihkan sejumlah angka tertentu tiap bulan agar target dana sebesar Rp 500 juta itu bisa tercapai.

Jadi dalam rentang waktu 10 tahun itu, dana yang akan anda tabungkan tidak boleh diambil sampai jatuh tempo pada akhir tahun ke 10.

Dan apabila dimasa yang belum mencapai 10 tahun tersebut anda mengalami musibah maka akan dilindungi oleh asuransi sebab pada umumnya pihak bank telah bekerjasama dengan pihak asuransi untuk memberikan perlindungan kepada nasabah selama 10 tahun tersebut.

5 Hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih tabungan pendidikan

Apabila anda sudah mantap untuk membuka tabungan pendidikan meskipun usia anak anda masih sangat dini, maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Tingkat suku bunga – Dapatkan info pasti mengenai bunga yang akan anda peroleh

Karena termasuk produk tabungan berencana sehingga uang anda akan dikunci selama jangka waktu yang telah disepakati selayaknya tabungan deposito maka jika usia anak anda masih dini maka sebaiknya menabung dengan beberapa target  yaitu TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Apabila semakin panjang jangka waktu anda mengunci dana di tabungan pendidikan ini maka pihak bank tentu akan memberikan suku bunga lebih besar dari tabungan biasa.

Karena stiap bank memiliki kebijakan yang berbeda maka ada bank yang berani memberikan suku bunga tinggi tersebut secara tetap (fixed) hanya untuk 2-3 tahun pertama, dan untuk selanjutnya bunga itu akan turun naik terserah banknya (floating).

Premi asuransi – Ada biaya tambahan atau diberikan gratis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tabungan pendidikan akan dilindungi dengan asuransi.

Namun beberapa perbankan ada yang memberikan fasilitas ini secara gratis namun adapula yang memungut tambahan biaya sebagai bentuk premi asuransi diluar tabungan pendidikan.

Jadi dari setoran anda tiap bulan, akan dipotong sekian ribu atau puluhan ribu rupiah untuk asuransi, barulah sisanya akan diperhitungkan untuk mendapatkan bunga tabungan.

Jika anda cermat memilih tentunya masih ada bank yang memberikan asuransi ini secara gratis, namun biasanya mereka tidak akan memberikan bunga tabungan yang terlalu tinggi pada.

Pertanggungan asuransi – Pahami ketika pemegang premi mengalami musibah

Apabila terjadi musibah kepada pemilik tabungan berjangka yang telah secara rutin menyetorkan uang ke tabungan, maka biasanya ada perbedaan asuransi yang akan diberikan oleh pihak bank ialah:

(a) Tabungan pendidikan tetap berjalan tanpa perlu meneruskan setoran dana rutinnya karena perusahaan asuransi yang akan menggantikan setoran tersebut secara rutin sampai jatuh tempo, dan dananya tetap hanya bisa diambil sesuai jadwal, atau

(b) Ahli waris akan langsung mendapatkan dana pendidikan tersebut dari perusahaan asuransi tanpa perlu menunggu jatuh tempo, dan program tabungan pendidikan tersebut ditutup dan dianggap selesai oleh bank.

Penarikan dana – Kebijakan bank mengenai kapan dana bisa di cairkan

Karena produk tabungan ini termasuk ke dalam golongan tabungan berencana yang mana dana tersebut akan di kunci sampai jatuh tempo maka apapun alasannya uang tetap akan sulit dicairkan sebelum masa tempo berakhir.

Namun tidak menutup kemungkinan jika masih ada beberapa bank yang memberikan kemudahan tentang proses pencairan dana meskipun sebelum jatuh tempo dengan catatan anda bersedia membayar semacam denda penalty.

Simak juga ulasan terkait mengenai rekening bank tanpa biaya administrasi bulanan serta artikel menarik lainnya tentang membuat dua rekening ganda di bank yang sama.

Jumlah setoran – Sesuaikan dengan kemampuan anda menyetor setiap bulannya

Hal ini terkait dengan seberapa nilai pendapatan anda perbulan untuk di sisihkan pada tabungan pendidikan.

Dapatkan bank yang memiliki persyaratan mudah dengan setoran minim sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan anda menabung perbulan tanpa mengacaukan keuangan keluarga.

Pastikan terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga daripada anda harus kesulitan kedepannya karena tabungan pendidikan ini termasuk investasi jangka panjang untuk anak anda dan bukan semata mata menambah keuntungan finansial setiap harinya.



Leave a Reply